DINAS PUPR PROVINSI BENGKULU AMANKAN LEBAR PENAMPANG SUNGAI AIR KETAHUN

Sungai Air Ketahun merupakan salah satu sungai di Kabupaten Lebong yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam mengelola dan menjaga Sumber Daya Alam (SDA) yang terdapat didalamnya. Ketika air hujan yang jatuh mengalir di sungai tersebut melebihi daya tampung tampang geometri sungai maka air sungai akan meluap di kanan kirinya.

Luapan air di kanan kiri sungai dapat menimbulkan genangan dan banjir serta menimbulkan kerugian harta benda maupun jiwa.  Jika terjadi banjir aliran sungai akan mengakibatkan longsoran tebing tanah sehingga dapat mengancam keberadaan permukiman dan fasilitas umum lainnya yang berada di tepi sungai. Maka perlu dibangun suatu konstruksi pengaman sungai dan pengendali banjir untuk mengurangi daya rusak akibat dari banjir.

Untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu Bidang Sumber Daya Air, melaksanakan Pembangunan Sarana dan Prasarana Pengaman Sungai dan Pengendali Banjir Air Ketahun Kabupaten Lebong.

Dengan dilakukan Pekerjaan Pembangunan Sarana / Prasarana Pengaman Sungai Dan Pengendalian Banjir Air Ketahun berupa Pembangunan Bronjong sepanjang  96 meter diharapkan dapat memberi manfaat bagi penduduk di sekitar aliran Sungai Ketahun  pada khususnya dan seluruh masyarakat  Kabupaten Lebong pada umumnya antara lain dapat mencegah atau mengurangi daya rusak aliran dan mencegah terjadinya longsoran pada tebing sungai sebagai akibat adanya gerusan Air Sungai Ketahun. Selain itu dengan adanya pembangunan bronjong tersebut juga dapat mempertahankan lebar tampang geometri sungai. (mdhp/admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *