DINAS PUPR PROVINSI BENGKULU REHAB SALURAN IRIGASI AIR SANTAN

D.I. Air Santan yang berlokasi di Desa Atas Tebing merupakan salah satu daerah irigasi yang menjadi kewenangan provinsi yang berada di Kabupaten Lebong. Dari hasil survey lapangan, kondisi saluran dan bangunan Irigasi D.I. Air Santan di beberapa titik telah mengalami kerusakan baik kerusakan berat ataupun kerusakan ringan. Bahkan ada saluran yang roboh diakibatkan longsoran tanah sepanjang ± 24 meter di beberapa titik yang belum ada pelapis saluran sepanjang 640 m dan lantai Bangunan yang ada juga mengalami kerusakan serta belum ada pintu pengatur pada bangunan tersebut. Hal ini mengakibatkan debit air yang ada berkurang sehingga jaringan irigasi yang ada tidak berfungsi dengan maksimal.

 

Untuk mengatasi kerusakan di D.I Air Santan tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Bengkulu melalui Bidang Sumber Daya Air melakukan Rehabilitasi dan Peningkatan Jaringan Irigasi D.I Air Santan.

 

Rehabilitasi / Peningkatan Jaringan Irigasi adalah upaya untuk mengembalikan dan mempertahankan kondisi jaringan irigasi termasuk bangunannya agar dapat berfungsi dengan optimal serta berkelanjutan guna menunjang usaha-usaha pertanian dalam rangka mewujudkan program pemerintah yaitu swasembada pangan. Dengan dilakukannya rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi D.I Air Santan diharapkan dapat meningkatkan produksi tanaman pangan seluas 96 Ha khususnya padi sawah sehingga memberi manfaat bagi petani pemakai air D.I. Air Santan pada khususnya dan seluruh penduduk Kabupaten Lebong pada umumnya.

 

Kegiatan yang dilaksanakan selama 120 hari kalender tersebut meliputi pekerjaan bangunan air, pekerjaan saluran air sepanjang 644 meter, pekerjaan rehab rumah PPA, dan pekerjaan pintu air. (mdhp/admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *