UPTD PERALATAN DAN PERBEKALAN DINAS PU-TR PROVINSI BENGKULU WUJUDKAN PELAYANAN PRIMA KE PUBLIK

Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Peralatan dan Perbekalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu (DPUPR) merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah yang dibentuk berdasarkan peraturan Gubernur Bengkulu Nomor 58 Tahun 2017. UPTD Peralatan dan Perbekalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang memegang peranan penting sebagai pelaksana tugas Teknis Operasional alat-alat berat dan alat bantu roda dua, roda empat untuk wilayah Provinsi Bengkulu.

Kepala UPTD Balai Peralatan dan Perbekalan, Rosmala Dewi, menegaskan fungsi lain UPTD Peralatan dan Perbekalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu adalah melaksanakan pemeliharaan, penyimpanan dan perbaikan alat-alat berat serta kendaraan roda empat dan roda dua. “Kami memiliki visi “terwujudnya pelayanan prima kepada publik dalam hal pelayanan peralatan kontruksi”. Jadi dalam menjalankan pelayanan prima kepada masyarakat, peralatan konstruksi dan alat-alat berat yang ada dapat dipinjamkan kepada masyarakat umum dengan status sewa yang tentunya dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan menyewa alat-alat sejenis pada pihak swasta” jelas Rosmala.

Rosmala juga menjelaskan jika sewa alat berat ikut memberikan sumbangan terhadap APDB Provinsi Bengkulu meski belum signifikan. “Ditahun ini UPTD Balai Peralatan dan Perbekalan ditarget untuk memberikan PAD pada Provinsi Bengkulu sebesar Rp. 200 juta, memang belum maksimal karena masih banyak kendala yang kami hadapi saat ini. Banyaknya peralatan yang rusak, dana pemeliharaan pergantian oli dan  pergantian suku cadang kecil tidak sebanding dengan jumlah alat yg rusak atau perlu diganti, mekanik alat belum ada sehingga bengkel tdk berfungsi mengharuskan kami memanggil mekanik dari luar dengan biaya mahal tentunya dan saat ini kami masih kekurangan operator yg profesional dan bersertifikat. Meski demikian kami berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi target PAD yang ditargetkan pada kami” tutur Rosmala.

Saat ini jenis peralatan kontruksi yang tersedia di UPTD Peralatan dan Perbekalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu meliputi Vibrating Roller, Hydraulic Excavator, Soil Compactor / Vibrating Roller, Bulldozer, Hidromex Grader, Backhoe Loader dan Dump Truck. “Masyarakat bisa langsung menghubungi Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Peralatan dan Perbekalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Bengkulu (DPUPR) di jalan RE Martadinata Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu” tutup Rosmala. (red-admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *