Dinas PUPR mengikuti Bimbingan Teknis Tim Publikasi dan Informasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Bengkulu

Memperkuat keahlian digital dan bekal pengetahuan tim publikasi di seluruh perangkat daerah, Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu memberikan bekal keahlian dan praktik langsung kecakapan digital menggunakan smartphone dalam menyusun rilis berita, desain foto dan pengolahan audiovisual. Bekal keahlian melalui pembelajaran kecakapan dan praktik digital ini dipandu oleh narasumber Henri, S.STP dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Tim Publikasi dan Informasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Bengkulu, bertempat di Aula Dinas Komunikasi, Informatika dan Statisitik Provinsi Bengkulu, Kamis (6/7/2023).

 

“Semua informasi pembangunan dan pemerintahan sekarang sudah harus bisa dikomunikasikan dengan cepat kepada publik, akurat dan bertanggung jawab, baik melalui media massa maupun media sosial” ungkap Henri. Selain itu, narasumber Henri, S.STP yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Hubungan Media dan TIK, mengungkapkan saat ini, pola komunikasi efektif pemerintah semuanya sudah beradaptasi mengikuti transformasi digital. Sehingga dalam percepatan adaptasi ini, memerlukan kecakapan dan keahlian sumber daya aparatur Tim Publikasi dan Informasi Perangkat Daerah yang mumpuni, dengan tetap berpedoman pada norma dan kaidah komunikasi publik yang baik, efektif serta menarik dengan menggunakan smartphone.

 

“Kita dipacu untuk bersaing menampilkan konten yang menarik perhatian, sehingga komunikasi publik dari pemerintah bisa menjadi efektif, pesan dan info pembangunan bisa mengena ke sasarannya dan cepat diterima masyarakat, itu urgensinya” papar Henri

Kegiatan Bimtek ini merupakan tindak lanjut dari arahan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melalui Sekretaris Daaerah Hamka Sabri agar semua program Pemerintah Provinsi Bengkulu dapat terpublikasikan dengan baik. Mencakup program yang telah kita laksanakan, sedang berjalan dan rencana kerja yang akan dilakukan perangkat daerah tersebut, termasuk publikasi potensi investasi dan wisata yang ada di Provinsi Bengkulu. “Setiap personel tim publikasi wajib dituntut memiliki pemahaman dan skill dasar digital untuk bisa berkembang, kreatif mengolah pesan dan informasi publik yang kekinian, sampai mencapai level profesional, baik narasi rilis berita, pengolahan desain foto, audio dan video” papar Henri saat memberikan materi pelatihan.

 

Tim Publikasi dan Informasi Perangkat Daerah yang resmi dibentuk oleh Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri pada tanggal 12 Mei 2023 yang lalu, beranggotakan minimal tiga orang dari masing-masing perangkat daerah. Pada hari kedua gelaran Bimtek ini, diperuntukkan kepada Tim Publikasi dan Informasi dari 21 perangkat daerah, sedangkan pada satu hari sebelumnya juga telah dilaksanakan Bimtek kepada Tim Publikasi dari 20 perangkat daerah. Secara spesifik, selama 8 jam dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB, peserta diberikan materi dan dibimbing tehnik menulis narasi rilis berita yang efektif, pemahaman spesifikasi teknis dan pengenalan fungsi peralatan, teknik pemotretan dan desain foto (flyer), teknik perekaman dan mengedit (menyunting) audiovisual pada aplikasi. Semua pekerjaan ini dilakukan dengan menggunakan smartphone untuk memproduksi konten publikasi yang berkualitas. Pada sesi akhir Bimtek, narasumber memberikan apresiasi kepada Tim yang menghasilkan karya terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *